Berbagi Cerita dan Pengetahuan

Beberapa Jenis Singkong dan Cara Memilihnya untuk Bahan Keripik

Keripik singkong

Keripik singkong adalah salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan dipasaran sekarang sudah banyak produk-produk olahan keripik singkong dengan berbagai macam rasa yang diperjual belikan di pasar tradisional dan juga pasar modern.

Keripik singkong juga memiliki berbagai rasa yang bisa kamu pilih sendiri, dan hal ini di pengaruhi oleh bumbu apa saja yang kamu tambahkan untuk keripik singkong tersebut, namun semua nya akan berubah jika kamu tidak tahu singkong mana yang bisa di olah langsung menjadi keripik dan mana yang tidak bisa, oleh karena itulah berikut ini beberapa jenis singkong untuk membuat keripik singkong:

Singkong Manggu
Singkong manggu merupakan singkong yang berasal dari jawa barat dan telah lama dikenal oleh masyarakat. singkong manggu bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan karena memiliki rasa yang enak dan juga manis. Singkong manggu ini mudah di tanam, pengupasannya juga mudah, renyah dan daging nya juga empuk, serta memiliki kadar pati yang cukup tinggi.

Singkong Menterga atau Singkong Kuning
Singkong mentega ini juga sering disebut sebagai singkong kuning karena warnanya memang lebih kuning di bandingkan dengan singkong lainnya. Banyak orang yang suka dengan singkong mentega karena memiliki rasa yang legit dan kenyal. 

Keripik singkong yang terbuat dari singkong mentega akan memiliki tampilan yang lebih menggoda dan cantik serta menggugah selera. Saat digunakan untuk membuat tape, rasanya juga lebih enak dan manis.

Singkong Gajah
Singkong gajah berasal dari Kalimantan timur dan memiliki umbi yang cukup. Singkong ini dapat dikonsumsi karena memiliki rasa yang sangat gurih dan seperti mengandung mentega.  Singkong jenis ini biasanya di jadikan tepung. 

Singkong Putih
Singkong putih memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna yang putih bersih. Singkong ini lebih cocok untuk di rebus atau di kukus saat mengolahnya, seperti saat membuat kolak singkong, sup singkong ataupun yang lainnya.

Setelah kamu mengetahui beberapa jenis singkong, berikut ini beberapa cara memilih singkong yang memiliki kualitas terbaik.

Tips Memilih Singkong untuk Bahan Keripik

Pilih singkong yang cenderung bentuknya lurus
Ini bertujuan untuk saat pemotongan atau perajangan hasilnya sama semua, tidak ada  yang bengkok bengkok. Juga saat  mengupas kulitnya akan lebih mudah dibandingkan dengan  singkong yang berbelok – belok.

Pilih singkong yang cenderung ukurannya besar
Tapi kalau ada ukuran yang relatif sama itu lebih bagus, karena akan  terlihat keserasiannya jika sama semua. Memilih singkong yang ukuran besar menkamukan umbi singkong itu memang sudah benar – benar siap panen jadi memang benar singkong sudah siap untuk dikonsumsi. Bukan singkong yang asal panen.

Pilih singkong yang masih fresh
Pastikan tidak ada bercak membiru pada singkong, ataupun lendir  yang berlebihan. Karena itu menkamukan singkong sudah terlalu lama dipanen atau sudah tidak fresh. Dari tampilan  juga terlihat bagaimana singkong yang fresh itu. Atau bisa ditanyakan kepada penjualnya singkong ini sejak kapan dipanennya.

Pilih singkong yang daging dalamnya putih bersih
Pilih singkong  yang kulit luarnya cenderung sedikit kasar dan sudah merekah, dari rekahannya pastikan daging dalamnya putih bersih, itulah yang bagus.

Jadi memang untuk menghasilkan produk yang baik harus disiapkan bahan yang baik pula. Produk yang berkualitas lahir dari bahan yang berkualitas. Walaupun sebenarnya masih ada tahap selanjutnya yang juga mempengaruhi hasil terbaik dari keripik singkong. Tapi point ini harus juga dipilihkan bahan terbaiknya.

Copyright © Perempuan Berkisah | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com