Berbagi Cerita dan Pengetahuan

Begini 10 Tips Aman Buat Kamu yang Ingin Mencoba Snorkeling di Laut!

Snorkeling di Laut!
wisatakeindonesia.id
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki wisata bahari yang mengagumkan. Seperti keindahan pantainya serta terumbu karangnya yang beragam. Sebut saja, Kepulauan Wakatobi Sulawesi Tengah dan Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur yang paling populer dikunjungi wisatawan lokal atau luar negeri untuk menikmati pesona alamnya. 

Bicara wisata bahari, pernahkah kamu snorkeling? Snorkeling adalah kegiatan berenang di permukaan laut dengan menggunakan peralatan seperti, alat snorkel dan masker selam. Nah, saat ini snorkeling menjadi salah satu kegiatan wajib bagi anak milenial yang ingin melihat keindahan bawah laut dengan cara snorkeling di pantai.

Tapi sebelum kamu mencoba untuk snorkeling di pantai, apalagi buat kamu seorang pemula, sebaiknya kamu mencoba beberapa tips ini agar snorkeling kamu tetap aman dan menyenangkan. Yuk, simak!

1. Jangan Snorkeling Sendiri

Jangan Snorkeling Sendiri
jogjarafira.com
Untuk kamu yang masih pemula jangan pernah mencoba snorkeling sendiri, ya. Karena ombak di laut sangat sulit ditebak. Jadi, kamu memerlukan pendamping atau guide yang membantu mengawasi kamu saat bersnokeling, karena keselamatan adalah yang utama.

2. Sebelum Bersnokeling Kamu Perlu Menyiapkan Peralatannya

Sebelum Bersnokeling Kamu Perlu Menyiapkan Peralatannya
shopee.co.id
Snorkeling merupakan aktivitas dimana kamu menyelam menggunakan snorkel dan masker selam. Kamu juga perlu menggunakan sepatu katak untuk membantu dorongan kakimu dibawah laut. Sebagai tambahan kamu bisa menggunakan jaket pelampung untuk menambah kenyamanan dan keselamatan snorkeling mu. Pastikan juga kondisi peralatan yang akan kamu gunakan tidak rusak atau bocor, ya.

3. Sterilkan Alat Snorkeling yang Akan Kamu Gunakan

Sterilkan Alat Snorkeling yang Akan Kamu Gunakan
gerbanglombok.co.id
Sebelum kamu gunakan alat perlengkapan yang sudah kamu sewa. Alangkah baiknya kamu membersihkan lagi alat snorkeling yang akan kamu pakai. Kamu bisa mencucinya dahulu lalu mengeringkannya dengan kain. Karena kebersihan salah satu hal yang utama yang harus kita jaga.

Baca juga : Oleh-oleh Paling Populer Stasiun Tokyo

4. Cari Tempat Snorkeling yang Aman

Cari Tempat Snorkeling yang Aman
liputan6.com
Sebagai pemula, alangkah baiknya kamu mencari tempat snokeling dengan arus ombak yang tenang. Karena arus yang besar dapat membuatmu cepat lebih lelah. Mencoba snokeling di arus yang minim dan tenang dapat membuatmu lebih nyaman saat berada di permukaan laut.

5. Jangan Sampai Terpisah Dari Teman-teman Dan Pemandu

Jangan Sampai Terpisah Dari Teman-teman Dan Pemandu
hipwee.com
Mungkin saat pertama kali kamu ingin melakukan snokeling. Rasa excited atau antusias dari dirimu saat ingin menikmati pemandangan bawah permukaan laut membuatmu kehilangan arah dan kendali. Sehingga tanpa disadari kamu berenang terlalu jauh dari teman-teman dan pemandu mu.  Tak peduli seantusias apapun perasaanmu, berusaha lah untuk selalu  berada di sekitar teman-teman satu grup dan guide. Kenapa tidak boleh terpisah? Karena untuk menghindari apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kaki kram atau kelelahan. Tujuannya agar dapat saling mengawasi dan membantu satu sama lain jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat snokeling.

6. Pelajari Teknik Clearing, Untuk Menghindari Ketika Tabung Snorkeling Dan Masker Milikmu Tiba-tiba Kemasukan Air.

Pelajari Teknik Clearing, Untuk Menghindari Ketika Tabung Snorkeling Dan Masker Milikmu Tiba-tiba Kemasukan Air.
kumparan.com
Terkadang saat sedang seru-serunya berenang, tiba-tiba masker dan tabung snorkeling milikmu kemasukan air. Hal ini dapat terjadi karena masker yang kamu gunakan tidak pas terpasang. Kalau hal ini terjadi, kamu tidak perlu panik. Dengan teknik clearing kamu dapat mengeluarkan air yang masuk dalam masker milikmu. Kamu dapat melakukan teknik clearing, yaitu dengan tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan dengan kuat melalui hidung sampai udara dan air keluar dari masker. Begitu pula dengan tabung, kamu hanya perlu hembuskan udara melalui mulut dengan kuat sampai air nya keluar dari tabung snorkel mu.

Nah, apakah tips di atas sudah membuatmu jelas? Yuk tunggu apa lagi, keindahan bawah laut sudah menanti kamu datangi dan jelajahi untuk snokeling. 

Copyright © Perempuan Berkisah | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com