Berbagi Cerita dan Pengetahuan

Inilah 5 Manfaat Fisioterapi Stroke Pasca Terkena Serangan Stroke

Manfaat Fisioterapi Stroke

Seiring dengan bertambahnya usia tidak bisa dipungkiri jika seandainya resiko untuk terjangkit beragam jenis penyakit juga semakin tinggi, termasuk diantaranya adalah stroke. Salah satu pembunuh paling mematikan di dunia. Apalagi tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya jenis penyakit yang satu ini juga mengurangi kualitas hidup dari pasiennya, karena mulai dari kemampuan untuk bergerak, berbicara sampai dengan kemampuan untuk mengingat juga mengalami penurunan. Untuk itu penderitanya juga diajukan untuk melakukan fisioterapi stroke.

Ada banyak sekali diantara faktor yang menjadi pemicu dari penyakit ini, seperti diantaranya adalah pecahnya pembuluh darah yang ada di otak, sehingga kemudian menurunkan kemampuan dari sel-sel yang ada di dalam otak tersebut untuk menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, juga bisa jadi karena kondisi darah yang terlalu kental, sehingga menyulitkan jantung untuk memompanya ke otak. Hal ini sudah pasti akan membuat otak kekurangan nutrisi dan juga oksigen, sehingga kemudian sebagian sel-sel yang ada di otak mengalami kematian.

Apalagi sebagaimana yang Anda ketahui bahwa otak ini memang memiliki fungsi penting di dalam mengontrol semua organ yang ada di tubuh manusia, jika seandainya terjadi masalah pastinya akan menganggu setiap fungsi organ tubuh ini. Dengan dilakukan fisioterapi stroke ini sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat, yaitu:
  1. Spatisitas, yaitu fungsi di dalam meningkatkan kekuatan otot, karena pasca mengalami serangan stroke, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya penderitanya juga akan mengalami penurunan kemampuan otot yang menjadikan tubuh menjadi lemah. Dibandingkan dengan pemakaian obat-obatan oral atau jenis pengobatan yang lainnya, memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya terapi jauh lebih efektif di dalam meningkatkan kekuatan otot pasien, terutama yang ada di pergelangan tangan, lutut dan juga siku.
  2. Dapat mengurangi rasa sakit, biasanya pasien yang sudah terkena stroke ini akan terasa sakit di beberapa bagian tubuh, khususnya adalah lutut dan persendian ketika digerakkan. Namun dengan dilakukan fisioterapi, maka secara perlahan rasa sakit yang dialami oleh pasien tersebut juga akan jauh berkurang.
  3. Untuk meningkatkan kemampuan dalam bergerak, dalam fisioterapi ini memang banyak sekali latihan-latihan yang akan dilakukan, mulai dari menggerakkan tangan, kemudian juga menggerakkan kaki, sampai dengan mengontrol keseimbangan di dalam berjalan, sehingga jika seandainya rutin dilakukan tentu akan meningkatkan kemampuan di dalam bergerak, bahkan sangat mungkin untuk bisa kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala.
  4. Dapat mengembalikan ingatan atau memory, sebagian besar diantara penderita stroke ini juga akan bermasalah dengan memory atau ingatan mereka, sehingga melupakan sebagian kecil memory di masa lalu, dengan adanya fisioterapi secara rutin, bisa menstimulasi otak untuk kembali mengingat .
  5. Membantu untuk meningkatkan kemampuan dalam berbicara, penderita stroke biasanya juga akan mengalami kelumpuhan pada otot di sekitar mulut, selain kesulitan di dalam berbicara tak jarang juga yang kesulitan di dalam menelan, keberadaan dari terapi ini nyatanya juga sangat berguna untuk mengembalikan fungsi otot-otot mulut tersebut, sehingga nantinya bisa berkomunikasi kasi dan juga menelan kembali, meskipun tidak dapat kembali seperti sedia kala.

Fisioterapi stroke ini bisa dilakukan di rumah sakit ataupun juga dengan bantuan anggota keluarga maka dapat dilakukan sendiri di rumah. Bahkan sekarang ada banyak sekali rumah sakit yang menyediakan layanan home care, dimana fisioterapis yang nantinya datang ke rumah.

Copyright © Perempuan Berkisah | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com