Berbagi Cerita dan Pengetahuan

Tips Memilih Sepatu Sekolah yang Tepat Bagi Anak

Sepatu Sekolah Anak

Menyiapkan perlengkapan sekolah, seperti sepatu sekolah anak perempuan sd memang terlihat sepele karena kita kerap melakukannya setiap 2-4 kali dalam satu tahun. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui bahwa memilih sepatu yang tepat turut mempengaruhi performa anak-anak kita di sekolah.

Sebagai orang tua, tentu kita ingin melihat anak bersemangat saat sekolah, lebih giat belajar dan punya kepercayaan diri. Biasanya saat kenaikan kelas, anak yang masih berada di tingkat sekolah dasar identik dengan sesuatu yang baru. Mulai dari buku, alat tulis, seragam sekolah dan juga sepatu.

Kenapa harus baru? Agar anak lebih bersemangat dan bahagia kembali ke sekolah setelah libur panjang. Selain itu, kita sebagai orang tua juga bisa membei pengertian bahwa sepatu baru tersebut merupakan hadiah karena anak sudah semangat saat disekolah.

Hal ini akan terus memompa sengat anak untuk terus berkembang dan senang saat belajar di sekolah. Namun terkadang, dalam membeli sepatu sekolah untuk anak, orang tua dibuat bingung dengan model yang disuguhkan. Untuk mempermudah anda dalam memilihnya, berikut ini beberapa tipsnya.

Memperhatikan Aturan Sekolah

Hal yang cukup mendasar ialah perhatikan peraturan yang diterapkan oleh sekolah terlebih dahulu. Karena ada beberapa instansi pendidikan yang mengharuskan para siswanya menggunakan perlengkapan sekolah yang sesuai dengan kebijakan yang telah mereka buat dan sepakati. Biasanya sepatu yang dianjurkan oleh pihak sekolah adalah sepatu berwarna hitam, termasuk pada bagian sol sepatu.

Pemilihan Bahan Sepatu

Pilihlah sepatu yang berbahan keras dan tebal di bagian tumit. Tumit adalah salah satu bagian kaki yang sensitif maka dari itu penting untuk menghindari nyeri bagian tumit kaki anak Anda. 

Sedangkan untuk bahan baku sepatu pilihlah sepatu yang ringan, sepatu jenis ini biasanya menggunakan bahan dasar kulit atau kanvas dengan sol berbahan dasar karet. Setelah tiga kriteria diatas terpenuhi pastikan kembali sepatu yang Anda pilih cara perawatannya mudah dan mendukung sirkulasi udara pada kaki anak Anda.

Memilih Ukuran yang Pas

Anak - anak itu perkembangannya cepat, jika membeli sepatu untuk anak maka pilihlah ukuran yang pas ataupun memilih ukuran yang sedikit lebih besar agar bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama.

Perhatikan Kualitas Sepatu

Karena model sepatu yang ditawarkan tidak menjamin awet dan nyaman saat dikenakan. Untuk memastikan kualitas sepatu itu sendiri, anda dapat memperhatikan jahitan bagian dalam maupun luarnya. Sehingga sepatu tersebut akan lebih awet digunakan. Dan si anak tetap nyaman dan bersemangat untuk pergi menuntut ilmu di bangku sekolah.

Perawatannya Mudah

Anak-anak terkadang sulit untuk diatur saat bermain, sehingga sepatu yang ia kenakan akan lebih mudah terkena kotoran. Dan tentu hal tersebut akan menambah beban tugas anda sebagai orang tua. Untuk mengurangi beban anda, sebaiknya pilihlah sepatu dari bahan yang mudah untuk dibersihkan dan dirawat.

Pemilihan Motif

Tips yang selanjutnya ialah berupa salah satu hal yang sering kali terabaikan, yakni pemilihan motif. Karena pada umumnya anak-anak akan diberikan sepatu dengan motif yang justru sesuai dengan selera ibu atau ayahnya bukan sang buah hati. 

Apabila kita cermati, sebenarnya hal sepele semacam ini harus anda perhatikan pula demi kebaikan anda dan anak. Dengan demikian berikanlah sepatu untuk sekolah bagi anak, dengan motif yang sesuai dengan keinginannya namun tetap sesuai dengan aturan sekolah.

Copyright © Perempuan Berkisah | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com