Berbagi Cerita dan Pengetahuan

Yuk Intip 3 Tips Bersepeda Bagi Perempuan

Yuk Intip 3 Tips Bersepeda Bagi Perempuan


Olahraga sepeda biasanya identik dengan kaum laki-laki. Bahkan, dari segi peralatan pun pilihan sepeda untuk wanita cenderung lebih sedikit daripada untuk laki-laki. Namun, kini sudah mulai banyak perempuan yang melirik dan tertarik dengan olahraga satu ini. Karena memang bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jika anda tertarik memulai hobi satu ini, berikut beberapa tips bersepeda yang bisa anda ikuti. Simak ulasan lengkapnya.

Kiat-Kiat Bersepeda untuk Pemula

1. Tidak Ikut-Ikutan Tren

Jika berkomitmen untuk memulai olahraga sepeda, anda juga tidak bisa hanya sekedar ikut-ikutan. Karena memang pada saat ini setelah diberlakukannya gerakan #DirumahSaja, banyak sekali orang mulai melakukan olahraga satu ini. Ikut-ikutan yang dimaksud di sini misalnya dalam hal membeli sepeda. Anda sebaiknya membeli sepeda yang sesuai dengan keperluan dan kemampuan finansial. 

Tidak semata-mata karena yang lain menggunakan merek tertentu, maka anda pun juga membeli merek tersebut. Hal utama terletak pada kebutuhan penggunaannya. Jika hanya untuk berkeliling di daerah sekitar atau kompleks perumahan saja, maka tidak perlu membeli sepeda gunung. Anda cukup membeli sepeda biasa atau city bike. Harga yang ditawarkan untuk sekelas city bike lebih murah dan tidak memerlukan biaya yang besar.

2. Memilih Sepeda

Tips Bersepeda selanjutnya yaitu memilih ukuran sepeda yang tepat. Karena cukup banyak orang yang salah memilih ukuran sepeda dan hanya asal membeli. Padahal, ukuran dari sepeda sangatlah spesifik dan berbeda-beda untuk setiap orang. Dan apabila anda salah dalam memilihnya, maka penggunaannya pun bisa saja menjadi tidak nyaman. Alhasil membuat anda malas untuk terus melakukan olahraga sepeda.

Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu, seperti pengecekan tinggi badan serta kesesuaian tubuh dengan sepeda. Seperti misalnya untuk perempuan asia yang memiliki tinggi rata-rata 150 hingga 160 cm, maka lebih baik memilih size sepeda yang tidak terlalu tinggi. Di sini biasanya kerap kali muncul dilema, apakah memang harus memilih yang kecil atau yang besar. Jika sudah begitu, maka tergantung juga dengan fleksibilitas tubuh anda.

Selain itu, tips bersepeda dalam memilih sepeda yang tepat ini juga didasarkan pada tiga contact point, yakni handlebar, pedal, dan sadel. Handlebar merupakan alat untuk mengemudikan sepeda, sehingga lebarnya harus sesuai dengan penggunanya. Anda hanya perlu mengukur lebar bahu untuk menentukan handlebar yang tepat, untuk perempuan biasanya 36 cm atau 38 cm. Sedangkan untuk pedal dan sadel umumnya tergantung selera dan kenyamanan tiap orang. 

3. Mengetahui Keinginan dan Style Bersepeda

Masing-masing individu tentunya harus mengetahui keinginannya ketika berpikir akan memulai olahraga sepeda. Hal ini akan menentukan peralatan apa yang nantinya dibutuhkan. Seperti jenis sepeda atau dana yang perlu disiapkan untuk menunjang hobi olahraga tersebut. Berbeda halnya dengan olahraga lain seperti lari, yang dapat dimulai kapan saja asal anda memiliki sepatu. Olahraga sepeda tidak sesederhana itu, karena biayanya pun cukup besar.

Harga dari satu sepeda tentunya sangat jauh berbeda dengan harga sepatu. Karena itu, anda harus mengetahui apakah niat anda sungguh sudah bulat atau tidak untuk menekuni olahraga satu ini. Tips bersepeda yang terakhir ini akan sangat menentukan apakah nantinya anda menjadi rutin olahraga sepeda, atau hanya untuk sebentar dan mengisi waktu luang saja. Di tahap ini anda juga perlu untuk menentukan ingin melalui rute seperti apa dan alokasi waktu berapa lama.

Itulah beberapa tips dan kiat yang dapat anda ikuti dan lakukan saat berencana memulai hobi bersepeda. Melakukan olahraga sepeda memang menyenangkan dan dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh. Walau biasanya lebih banyak kaum laki-laki yang melakukan olahraga sepeda bersama, bukan berarti kaun perempuan tidak bisa. Untuk tips menarik lainnya, kunjungi website perempuanberkisah.com.

Copyright © Perempuan Berkisah | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com