Berbagi Cerita dan Pengetahuan

Scaling Gigi: Kegunaan Hingga Biaya Berdasarkan SehatQ.com

Scaling Gigi: Kegunaan Hingga Biaya Berdasarkan SehatQ.com

Pernah mengalami masalah dengan karang gigi? Karang gigi yang membandel akan sangat tidak nyaman dan membuat anda kurang percaya diri. Karang ini berasal dari penumpukan plak gigi dalam waktu yang lama hingga mengeras. Menyikat gigi tidak bisa mengatasi masalah ini, anda harus melakukan tindakan medis. Jika anda masih awam dengan hal ini, simak ulasan berikut.

Mengapa Harus Melakukan Scaling dan Apa Kegunaannya?

Scaling pada gigi memiliki fungsi utama untuk membersikan karang gigi yang terlalu keras untuk dapat diatasi menggunakan sikat gigi biasa. Proses pembersihan karang gigi dapat dilakukan menggunakan alat scaling manual atau ultrasonic scaler yang paling umum digunakan sebagaimana pada https://www.sehatq.com/tindakan-medis/scaling-gigi.

Pembersihan karang gigi sebaiknya anda lakukan setiap 6 bulan sekali. Mengapa demikian? Karang gigi akan selalu terbentuk, terlebih bagi orang-orang yang kurang baik dalam menjaga kebersihan giginya. Karang yang dibiarkan menumpuk akan menyebabkan peradangan gusi dan jaringan lain. Hal ini dapat menjadi penyebab gusi bengkak, nyeri, dan berdarah.

Dalam kondisi yang lebih parah, karang ini akan mengikis tulang tempat gigi anda menancap, sehingga dapat menyebabkan gigi terlepas dengan sendirinya. Oleh karena itu, scaling gigi merupakan hal yang penting untuk anda lakukan. Selain sebagai upaya menjaga kebersihan mulut dan gigi, anda juga dapat mendeteksi lebih dini penyakit lain yang berpotensi muncul.

Bagaimana Prosedurnya dan Perawatan Pascaprosedur?

Scaling pada gigi biasanya akan dilakukan di hari yang sama ketika anda berkonsultasi ke dokter dan umumnya tidak memerlukan rawat inap. Pembersihan dilakukan dengan mengikis plak yang terdapat di antara gigi dan gusi. Scaling biasanya dilakukan bersamaan dengan root planning untuk menghaluskan permukaan akar gigi.

Selama beberapa hari setelah melaksanakan pembersihan karang biasanya gigi anda akan terasa sensitif dan nyeri, gusi anda juga mungkin berdarah. Selama menjalani proses pemulihan, anda disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah penyakit gusi yang semakin parah. Jika anda mengalami gejala lain, silahkan berkonsultasi kepada dokter.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalaninya?

Pada dasarnya tidak diperlukan persiapan khusus sebelum menjalani pembersihan karang gigi. Hal ini dikarenakan scaling termasuk tindakan medis yang sederhana dan tidak memiliki resiko tinggi. Namun, jika anda memiliki riwayat penyakit khusus, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit jantung, anda harus memberitahukan kepada dokter.

Hal ini dilakukan supaya dokter dapat menyesuaikan langkah penanganan terhadap anda. Sebelum melakukan scaling, umumnya dokter akan mengecek kondisi gigi dan menanyakan apakah anda pernah mengalami keluhan tentang gigi. Dokter juga akan mendeteksi kemungkinan penyakit lain yang bersarang di gigi anda.

Berapa Biaya yang Diperlukan?

Terkait dengan biaya scaling gigi, tidak akan patokan pasti karena setiap tempat yang memberikan pelayanan ini menetapkan biaya yang berbeda-beda. Perbedaan biaya juga tergantung pada banyaknya  karang gigi yang anda miliki. Semakin banyak, maka biayanya juga semakin tinggi.

Penyebab lainnya adalah fasilitas dan alat yang digunakan untuk melakukan pembersihan karang. Namun, secara umum biaya untuk scaling berkisar antara Rp 500.000,00 hingga Rp 700.000,00. Akan tetapi, ada pula klinik yang menetapkan biaya di bawah atau di atas rentang tersebut. Informasi tentang tindakan medis lainnya dapat anda lihat di https://www.sehatq.com/tindakan-medis

Prosedur pembersihan gigi menjadi hal yang penting untuk dilakukan karena karang yang dibiarkan menumpuk akan menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah. Siapa pun bisa melakukan scaling karena karang gigi dapat muncul di berbagai usia. Pastikan anda menjaga gigi dengan rutin melakukan scaling.

Copyright © Perempuan Berkisah | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com