Berbagi Cerita dan Pengetahuan

Rata-rata Biaya Sewa Rumah di Jakarta: Anak Rantau Harus Tahu!

Rata-rata Biaya Sewa Rumah di Jakarta: Anak Rantau Harus Tahu!

Hidup di kota metropolitan seperti Jakarta adalah hal yang idam-idamkan banyak orang.

Karena siapa sih yang tidak ingin tinggal di ibu kota Indonesia yang menjanjikan kemakmuran bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta.

Mungkin saat ini itu lah mindset orang awam yang tinggal di luar Jakarta, bahwa di Jakarta pasti akan sukses dan mendapatkan banyak uang yang dapat dikirimkan ke kampung halaman mereka. 

Tanpa mereka sadari bahwa tidak semudah itu bertahan hidup di kota besar seperti Jakarta.

Persaingan ketat yang harus dihadapi karena banyaknya pendatang yang mendatangi kota ini dan mencari kerja di kota ini membuat semakin padat nya populasi kota Jakarta.

Karena semakin padat sudah tentu kemacetan akan ditemui dimana-mana.

Walaupun sarana transportasi yang disediakan oleh pemerintah kota Jakarta sudah banyak dan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat nya yang semakin padat juga terus dilakukan, tetapi tetap saja tiap tahunnya akan terus ada para pendatang yang ingin mencoba peruntungannya di kota ini.

Untuk dapat tinggal di Jakarta tentu saja Anda harus siap dengan living cost atau biaya hidup nya yang tinggi.

Apabila Anda berasal dari kota kecil maka survey saja dulu apa apa saja yang kira kira akan Anda butuhkan dalam bertahan hidup setiap harinya.

Dengan begitu Anda sudah dapat mempersiapkan biaya yang akan Anda keluarkan setiap harinya.

Dan untuk tinggal atau menetap di Jakarta ada berbagai macam pilihan misalnya sewa rumah di Jakarta, kpr rumah, kost, menyewa apartemen dan lain lain.

Apabila budget Anda besar membeli rumah bisa saja menjadi satu pilihannya karena perlu Anda ketahui bahwa membeli rumah di Jakarta merupakan suatu bentuk investasi yang sangat menjanjikan karena harga rumah akan terus naik setiap tahunnya.

Tetapi apabila budget anda pas pasan maka menyewa rumah di Jakarta lah pilihannya.

Untuk menyewa rumah di Jakarta, Anda harus menentukan lokasi perumahan atau tempat tinggal yang Anda inginkan.

Karena untuk menyewa rumah di Jakarta yang sudah pasti tidak murah, hal utama yang harus Anda tentukan dan pikirkan adalah budget budget dan budget.

Dengan perkiraan biaya yang Anda miliki untuk dapat menentukan menyewa rumah di Jakarta bagian mana yang Anda inginkan adalah hal yang mudah.

Sebelum Anda hijrah ke Jakarta tentunya Anda harus tau lokasi tempat kerja Anda berada atau minimal tempat beraktivitas sehari hari untuk Anda atau keluarga Anda.

Apabila kita berbicara tentang menyewa rumah di Jakarta yang harus di jadikan pertimbangan adalah Jakarta bagian manakah yang ingin Anda jadikan tempat tinggal.

Kalau budget Anda besar Anda dapat mempertimbangkan Jakarta Selatan atau Jakarta Pusat yang dekat pusat kota dan perkantoran.

Tetapi harga dan biaya yang harus Anda bayarkan juga mahal karena termasuk daerah elit yang banyak dicari untuk dapat tinggal dengan sewa rumah di Jakarta.
Apabila Anda memilih Jakarta Selatan, per tahunnya rata rata biaya yang ditawarkan adalah Rp. 100,000,000 sampai Rp. 300,000,000 tergantung besar kecil nya rumah sewa yang Anda pilih dan daerah yang Anda inginkan.

Apabila kita melihat ke daerah Jakarta Pusat maka biaya yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp. 80,000,000 sampai Rp. 200,000,000 per tahunnya.

Sedikit lebih rendah dari Jakarta Pusat  karena daerah ini agak lebih crowded dan masih tersedia perumahan yang agak masuk ke dalam gang yang mungkin menawarkan harga yang lebih murah.

Dan biaya yang ditawarkan di daerah Jakarta Timur adalah kemungkinan yang terendah di bandingkan ke dua lokasi lainnya.

Untuk menyewa rumah di Jakarta Timur per tahunnya Rp. 50,000,000 sampai Rp. 100,000,000 apalagi apabila anda mencari rumah sewa di Jakarta pinggiran atau lebih sering disebut dengan Jakarta coret seperti Bekasi atau Depok masih dekat dengan Jakarta.

Dan masih tersedia banyak sarana transportasi menuju ke Jakarta tetapi harga rumah sewa nya pasti lebih murah dibandingkan pusat kota Jakarta.

Alternatif lain selain menyewa rumah di Jakarta, mungkin Anda dapat mencari apartemen di tengah kota Jakarta yang biasanya sih harga sewanya kurang lebih sama dengan rumah di pinggiran kota Jakarta.

Tetapi waktu yang Anda miliki untuk cepat sampai di rumah pasti lebih banyak hanya saja pasti ada plus minusnya tinggal di apartemen  dibandingkan menyewa rumah.

Jadi beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan atau harus Anda pertimbangkan sebelum menyewa rumah di Jakarta adalah:
  1. Budget yang Anda miliki
  2. Lokasi yang diinginkan
  3. Fasilitas yang ditawarkan
  4. Keamanan lingkungan sekitar
  5. Sarana transportasi yang ditawarkan
Apabila kelima hal tersebut sudah cocok dan Anda dapatkan maka mulai lah mencari rumah sewa di Jakarta yang sesuai dengan list Anda tersebut.

Tinggal di daerah mana saja tidak masalah toh sarana transportasi umum sudah sangat banyak yang dapat menunjang untuk sampai ke pusat kota di Jakarta.

Asalkan rumah sewa di Jakarta tersebut nyaman, aman dan sesuai dengan budget jangan terlalu banyak pertimbangan karena banyak juga orang seperti Anda yang mencari rumah sewa di Jakarta.

Jadi selamat mencari rumah sewa di Jakarta! Semoga Anda menemukan rumah sewa yang sesuai dan dekat juga memudahkan mobilitas Anda sehari harinya.

Copyright © Perempuan Berkisah | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com