Berbagi Cerita dan Pengetahuan

Tetap Bugar, Yuk Intip Aturan Makanan Sehat Untuk Diet Lansia

Tetap Bugar, Yuk Intip Aturan Makanan Sehat Untuk Diet Lansia

Menjaga tubuh tetap sehat dan juga bugar tidak hanya kewajiban mereka yang masih produktif, lansia pun juga tetap harus menjaganya. Salah satu cara menjaganya adalah dengan mengatur pola makan atau diet. Diet bukan hanya untuk mendapatkan tubuh ideal, tapi juga menjauhkan dari risiko penyakit. Berikut rekomendasi makanan sehat untuk diet lansia.

Aturan Makanan Untuk Diet Sehat Lansia

1. Makanan Yang Bernutrisi

Agar lansia memiliki kualitas hidup yang sehat, makanan yang bernutrisi lengkap harus ada. Pemilihan nutrisi ini sangat penting untuk menguatkan otot, menjaga berat badan ideal hingga mendukung metabolisme tubuh. Dalam makanan bernutrisi mengandung karbohidrat agar energi terpenuhi. Kemudian protein, bisa didapatkan dari hewani juga nabati.

Tidak ketinggalan makanan berserat dari sayur juga buah buahan. Vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk lansia agar tetap bugar. Vitamin tersebut antara lain, Vitamin D, Vitamin A, Vitamin C, kalsium dan lainnya. Kalsium dan vitamin D ini bertugas untuk menjaga agar tulang dan otot tetap sehat. Bisa diperoleh dari keju, yogurt, salmon, hingga susu.

2. Mengatur Porsi Makan

Selanjutnya dalam aturan makanan sehat untuk diet lansia adalah memperhatikan porsi makan. Dalam diet bukan berarti tidak makan sama sekali, justru dianjurkan untuk makan 3 kali dengan porsi besar. Selain itu juga dua kali camilan sebelum menuju makan besar. Upayakan untuk tidak melewatkan jam makan agar tidak menaikkan risiko malnutrisi.

Porsi yang diberikan tidaklah terlalu besar, akan lebih baik jika porsi kecil tetapi sering. Camilan yang diberikan juga snack sehat, seperti buah buahan yang dipotong kecil. Pola makan dan porsi yang tepat akan menghindarkan dari kekenyangan juga perut kembung, jika dirasa kemampuan mengunyah sudah berkurang, maka anda bisa memberikan tekstur makanan lunak.

3. Hindari Makanan yang Menimbulkan Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan juga kerap dialami oleh para lansia, seperti konstipasi misalnya. Untuk itu ada baiknya jika menghindari makanan yang bisa mengganggu pencernaan tersebut. Seperti misalnya makanan yang pedas atau asam, kemudian minuman yang bersoda. Ada baiknya jika makanan sehat untuk dietnya adalah yang mengandung serat.

Serat memang sangat berperan penting dalam menjaga pencernaan, tapi juga bisa menurunkan kolesterol juga menjaga kesehatan jantung. Serat yang perlu dipenuhi salah satunya adalah prebiotik.  Nantinya serat ini akan menjaga pertumbuhan bakteri baik di usus. Bisa didapatkan dari makanan seperti bawang, pisang, asparagus dan gandum.

4. Batasi Makanan Yang Tinggi Gula, Garam dan Lemak Jahat

Makanan memang memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh lansia tetap bugar. Oleh sebab itu penting untuk menjaga setiap makanan yang masuk. Membatasi konsumsi gula berlebih bagi lansia akan mengurangi risiko diabetes. Selain itu juga akan membuat lapar lebih cepat sehingga nafsu makan menjadi berlebih.

Selain makanan yang tinggi gula, makanan yang tinggi garam juga mengandung lemak jahat juga harus dibatasi. Terutama makanan yang digoreng atau junk food yang membuat risiko berbagai penyakit lebih tinggi. Pengurangan garam dalam makanan sehat untuk diet bukan hanya garam dapur tapi juga penyedap rasa atau saus olahan. 

Itulah beberapa aturan yang bisa diterapkan untuk menjaga agar lansia memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Makanan bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan, tapi juga bisa menjadi penyebab masalah kesehatan. Untuk itu sangat penting memperhatikan makanan yang masuk. Tambahan susu atau vitamin juga dianjurkan untuk memenuhi nutrisi harian.

Copyright © Perempuan Berkisah | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com