Perbedaan Mobil CVT Dengan AT yang Jarang Diketahui

Perbedaan Mobil CVT Dengan AT yang Jarang Diketahui

Saat ini ada dua macam jenis mobil yang ada di pasaran, pertama jenis mobil CVT dan kedua jenis mobil AT. Bagi Anda yang belum tahu apa itu kedua istilah tersebut, di artikel kali ini kami akan coba membahas perbedaan mobil CVT dan mobil AT agar Anda bisa membedakannya.

Dengan informasi yang sudah Anda baca dari artikel ini, sedikit banyaknya Anda akan tahu mana itu mobil CVT dan mana itu jenis mobil AT. Jadi silahkan Anda simak artikel ini hingga selesai.

Perbedaan Mobil Tipe CVT dan AT

CVT dan AT merupakan sebuah sistem transmisi mobil yang kini hadir di Indonesia. Kedua jenis transmisi ini merupakan sistem yang memiliki komponen berbeda dan cara kerja yang berbeda juga.

Selain itu, kedua komponen pada CVT dan AT memiliki teknologi yang berbeda juga. Akan tetapi, metode tersebut sama-sama diaplikasikan pada jenis mobil matik yang saat ini sedang populer di Indonesia.

Perbedaan yang paling kentara untuk kedua jenis komponen tersebut yaitu terletak pada cara kerjanya. Selain itu keduanya juga memiliki kelebihan yang berbeda-beda.

Cara kerja CVT yaitu memanfaatkan dua komponen utamanya, yaitu puli dan baja. Puli nantinya akan akan didorong oleh sistem pompa fluida sehingga tenaga yang disalurkan oleh komponen CVT menjadi lebih sempurna dibandingkan AT. Selain itu, komponennya pun mampu menyesuaikan dengan perubahan kecepatan dan torsi.

Mobil berbasis CVT umumnya memiliki kecepatan yang lebih optimal di kelasnya. Karena kecepatan kendaraan yang menggunakan sistem tersebut akan lebih konstan dan terbebas dari hentakan.

Saat ini metode CTV merupakan transmisi mobil matik yang sudah banyak diaplikasikan oleh berbagai produsen atau pabrikan mobil yang ada di dunia, salah satunya yaitu produsen Suzuki yang sudah mengaplikasikan transmisi tersebut pada mobil matik yang mereka pasarkan di seluruh Indonesia.

Dari penjelasan diatas, sedikit banyaknya kini Anda menjadi tahu perbedaan mobil CVT dan AT. Kedua istilah tersebut yaitu komponen yang merujuk kepada sebuah transmisi kendaraan, khususnya kendaraan roda empat. Informasi ini bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih mobil matik. 

Posting Komentar

0 Komentar