Manfaat Sampah Organik Bagi Kehidupan

residuoall.com

Sampah merupakan hasil proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Sampah juga dapat diartikan sebagai sisa-sisa kegiatan manusia sehari-hari dan proses alam, yang berupa sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup dan dapat diuraikan secara alami oleh bakteri tanpa campur tangan manusia, namun perlu diberikan zat kimia untuk membantu proses penguraiannya. 

Dampak dari limbah ini adalah hasil pembusukan yang menimbulkan bau yang menyengat, yang dapat menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Meski begitu, sampah ini tergolong sampah yang ramah lingkungan.

Sampah organik dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu sampah organik basah (pembusukan sisa buah dan sayuran) dan sampah organik kering (kertas, kayu, ranting pohon, dan daun kering). Manfaat sampah organik bagi kehidupan sehari-hari seperti:

Apa Saja Manfaat Sampah Organik Bagi Kehidupan?

1. Bisa diolah menjadi kompos atau pupuk sederhana

Seperti yang kita ketahui sampah organik bisa dibuat menjadi kompos, namun masih banyak yang belum mengetahui cara mengolah dan memanfaatkannya untuk pertanian, karena butuh kesabaran dan melalui langkah-langkah yang benar. 

Jika tidak telaten, sampah organik bisa diolah menjadi pupuk. Hanya perlu lubang untuk membuang sampah organik ke dalam tanah dan menunggu hingga membusuk hingga menyerupai tanah. Nutrisi yang dihasilkan dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.

2. Tambahan Pakan Ternak

Sampah organik berupa daun dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti kambing, sapi dan hewan herbivora lainnya. Selain itu bisa juga dibuat pelet untuk pakan ayam dan ikan.

3. Bisa dijadikan kerajinan tangan

Beberapa sampah organik dapat diubah menjadi produk yang memiliki nilai jual, seperti eceng gondok yang telah dikeringkan dan dibakar, yang dapat diolah kembali menjadi kantong. Selain itu, batok kelapa yang umumnya hanya digunakan sebagai bahan bakar, juga dapat digunakan sebagai peralatan masak seperti sendok, gelas, dll.

4. Dapat digunakan sebagai biogas dan listrik

Limbah organik dari tahu, tempe dan kotoran hewan dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan biogas. Cukup sediakan wadah tertutup yang bisa digunakan sebagai penampung gas dan tambahkan air dan aduk untuk mempercepat proses pembuatannya. 

Selain itu dapat juga ditambahkan dekomposer untuk mempersingkat waktu pembuatan, karena jika hanya menggunakan air akan memakan waktu lebih dari dua minggu.

5. Dikonversi ke Media Tanam

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sampah anorganik sebenarnya bisa digunakan kembali (reusable). Dengan kata lain, walaupun tidak bisa didaur ulang, kita tetap bisa mengubahnya menjadi benda yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Kali ini, Anda bisa memanfaatkan sampah anorganik seperti botol plastik menjadi media tanam. Artinya tidak harus membeli pot lagi jika ingin menanam tanaman, cukup gunakan botol plastik atau jenis sampah plastik lainnya yang memenuhi syarat untuk dijadikan pot tanaman.

6. Hemat Uang

Kebutuhan akan suatu barang membuat orang harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Namun bagi yang mengetahui manfaat mengolah sampah dengan baik dan benar dapat menghemat pengeluaran. Mengolah sampah dengan baik menjadi sebuah produk adalah cara yang tepat untuk menyelamatkan bumi dari ancaman kerusakan.

Pengolahan sampah adalah bahan sisa yang dapat merusak lingkungan dan menimbulkan penyakit. Pengelolaan sampah yang baik dan benar membutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam melakukannya, sehingga tercipta berbagai energi yang dapat digunakan kembali dari sampah.

Posting Komentar

0 Komentar